RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Barumun
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Barisan dan Deret
Sub Materi Pokok : Barisan Geometri
Waktu :
2 x 45 menit
A.
Komptensi Inti, Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi:
B. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan
kelompok,siswa dapat:
1.
Merasa
bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan
matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar barisan geometri;
2.
Menunjukkan kemampuan toleransi
terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif;
3.
Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran ;
4.
Menunjukkan sikap bertanggung-jawab dalam menyelesaikan tugas dari guru;
5.
Menentukan
contoh barisan geometri dari sebuah permasalahan.
6.
Menemukan
rasio barisan geometri
7.
Menentukan suku
ke-n barisan geometri dari sebuah permasalahan.
C. Daftar Bacaan
Bornok
Sinaga dkk. 2013. Buku Siswa Kelas x SMA.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan : Balitbang Kemdikbud.
D. Model
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan ilmiah (scientific approach). Pembelajaran
koperatif (cooperative learning)
menggunakan model Based Learning
.
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
(Fase
1: Orientasi siswa pada
masalah)
(Fase 2 : pengorganisasian siswa
untuk belajar)
|
1. Guru memberikan salam, dan mempersilahkan Ketua Kelas
memimpin peserta didik untuk memulai dengan doa bersama, dilanjutkan dengan mengecek
kehadiran.
2. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
3. Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 – 5 siswa.
4. Guru menjelaskan cara kerja dan metode penemuan yang akan
dilakukan oleh siswa
5. Guru membagikan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan
menjelaskan cara pengisian LAS.
|
10 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
|
Kegiatan Inti
(Fase
3 : Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
(Fase
4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
(Fase
5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)
|
1. Siswa bekerja dalam kelompok mengerjakan LAS yang telah
disiapkan.
2. Guru berkeliling
mengamati hasil kerja siswa
sambil memberikan tuntunan bila perlu.
3. Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan dengan LAS
dan masalah yang akan dipecahkan.
4. Siswa mempresentasikan hasil penemuannya di depan
kelas yaitu:
a.
Menemukan pola suku ke-n berdasarkan masalah yang
diberikan.
b.
Menentukan suku ke-n dari permasalahan yang diberikan.
5.
Guru bersama siswa
memberikan konfirmasi dan merefleksi tentang hasil yang depresentasikan dan
memberikan umpan balik untuk dipahami bersama
|
20 menit
20 Menit
5 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
di arahkan untuk menyimpulkan materi.
2.
Guru
memberikan tugas beberapa soal tentang barisan dan suku ke-n barisan
geometri.
3.
Guru
menginformasikan materi pada pertemuan selanjutnya.
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
5.
Guru
memberikan salam, dan mempersilahkan Ketua Kelas memimpin peserta didik untuk
mengakhirii dengan doa bersama.
|
15 Menit
|
F.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
No
|
Aspek yang diamati/dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
bersyukur
|
Penilaian diri
|
|
2
|
Sikap Toleransi
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
3
|
Sikap Disiplin
|
Pengamatan
|
Kegiatan Awal,Inti dan
Penutup
|
4
|
Sikap tanggungjawab
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti dan Penutup
|
5
|
Pengetahuan : Kemampuan menentukan
barisan geometri,menemukan rasio,dan menentukan suku ke-n
|
Penugasan (mengerjakan
latihan)
|
Kegiatan Inti
|
Tes tertulis
|
Awal pertemuan berikutnya
|
G. Sumber
Belajar
1.
Lembar
Aktivitas Siswa (LAS);
2.
Bahan
pekerjaan rumah;
3.
Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas X, Kemdikbud,
2013
Sibuhuan, Juli 2014
Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran
DRS.H.M SAYUTI LUBIS IRMA
LESTARI LUBIS,S.Pd
NIP.19600302 198303 1 010 NIP.
19851023 200904 2 008
Lampiran 1 :
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X /1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Topik : Barisan Geometri
Waktu
Pengamatan : 2 x 45 menit
Petunjuk :
1.
Fokus
sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan
ke-1 adalah Toleransi, Disiplin dan
tanggung jawab dalam kelompok.
2.
Tulislah
angka 1, 2, 3, atau 4 pada kolom sikap sesuai hasil pengamatan.
3.
NO
|
SIKAP
NAMA
|
TOLERANSI
|
DISIPLIN
|
TANGGUNG
JAWAB
DALAM
KELOMPOK
|
KET
|
1
|
Adelia Pinta
|
||||
2
|
Darmawan Wardana Harahap
|
||||
3
|
Endra Hakim Tanara
|
||||
4
|
Gustina Sari Siregar
|
||||
5
|
Hairul Anwar Nst
|
||||
...
|
|||||
32
|
Siti Nurmaningsih
|
Keterangan:
1 = kurang konsisten, 2 = mulai konsisten, 3 = konsisten.
4 = selalu konsisten
Lampiran 2
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Topik :
Barisan Geometri
Waktu Pengamatan :
2 x 45 menit
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif.
1. Kurang baik jika
sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
2. Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkansudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap
disiplin dalam proses pembelajaran.
4.
Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap disiplin
5.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap disiplin tetapi belum konsisten.
6.
Sangat
baik jika menunjukkan sikap
disiplin secara terus menerus.
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama tetapi belum konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkan ada usaha bekerjasama
secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Toleran
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
Adelia pinta
|
|||||||||
2
|
Darmawan wardana harahap
|
|||||||||
3
|
Endra hakim tanara
|
|||||||||
4
|
Gustina sari siregar
|
|||||||||
5
|
Hairul anwar nst
|
|||||||||
6
|
Ning
Esti
|
|||||||||
7
|
Teguh
Prasojo
|
|||||||||
8
|
Henis
Setyarin
|
|||||||||
9
|
Suwardi
|
Lampiran 3
Lembar Penilaian
Diri:
Mata Pelajaran : Matematika
Nama :______________________________________________________________
Kelas : X
Topik :
Barisan Geometri
Tanggal
Mengisi :______________________________________________________________
No
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Saya bersyukur atas kesempatan yang diberikan Tuhan dalam
mempelajari barisan geometri
sehingga saya dapat mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
2.
|
Saya bersyukur atas kesempatan berlatih untuk
bertanggungjawab menyelesaikan tugas melalui belajar barisan geometri
|
||
3.
|
Saya telah memahami tentang barisan geometri
|
||
4.
|
Saya optimis dapat memperbaiki
pemahaman saya terhadap hal-hal yang belum saya pahami sepenuhnya dalam
belajar tentang barisan geometri
|
||
5.
|
Saya akan belajar keras untuk
mempelajari lebih lanjut terkait barisan geometri dan
saya yakin akan bisa memahaminya
|
||
6.
|
Saya telah berperan aktif dalam
kegiatan belajar matematika pada hari ini
|
||
7.
|
Saya akan berperan lebih banyak selama belajar
matematika dalam kelompok pada hari-hari yang akan datang dan saya yakin hal itu
bisa saya lakukan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar